Kondisi Jalan Siap Untuk Mudik

Pemerintah memastikan seluruh jalan nasional pada dalam kondisi siap dalam menghadapi arus mudik jelang lebaran 2013. Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dadak mengungkapkan kondisi jalur utama, jalur alternatif dan jalan tol di beberapa pulau besar di Nusantara telah memungkinkan arus mudik berjalan lancar.

"Kondisi jalan pulau Sumatra, Jawa, Bali dan Sulawesi sudah baik untuk dilalui untuk Lebaran tahun ini," katanya, Rabu (10/7).

Dia menjelaskan penanganan yang dilakukan pada jalan-jalan yang ada meliputi rekonstruksi, rehabilitasi dan penambahan kepasitas.
"Ada juga jalan yang kita harus tambah kapasitasnya dengan melebarkan jalan atau menambah jalan layang. Dan juga ada penanganan sementara karena bencana alam atau karena tergerus abrasi pantai misalnya Aceh Jaya".

Sementara itu, dengana adanya beberapa titik-titik kerusakan di beberapa ruas jalan jelang arus mudik, Hermanto menuturkan pihaknya masih terus melakukan perbaikan. "Yang pasti pada saat H-10 hingga H+10 tidak ada penanganan lagi," tegasnya.

"Terkait dengan kerusakan yang saban tahun terjadi di beberapa titik di jalur pantai utara (Pantura) pulau Jawa, dia menuturkan kepadatan kendaraan dengan bobot berlebih merupakan penyebab seringnya terjadi kerusakan di ruas sepanjang 1.182 km tersebut.
Dibandingkan dengan jalan lintar timur (Jalintim) Sumatera yang lebih terjaga, arus dan beban jalan Pantura besar," terang Hermanto.

Dia menjelaskan kapasitas jalan yang ada memiliki usai ketahanan 10-20 tahun. Sementara lalulintas harian rata-rata di Pantura mencapai 40-55 ribu kendaraan perhari.

Dalam kesempatan berbeda, Dirjen Bina Marga Djoko Murjanto mengatakan perbaikan jala di ruas Pantura akan terus dilakukan selama jalan tersebut digunakan.
"Karena perbaikan yang dilakukan adalah perbaikan yang bersifat terus menerus, jadi selama jalan digunakan pasti ada penanganan. Terkesan bahwa pananganan Pantura dilakukan terus menerus. Padahal, di ruas tersebut memang selalu dilakukan penanganan jalan,"tegasnya.

Jelang arus mudik 2013, Djoko menuturkan untuk ruas Pantura masih ada beberapa pekerjaan yang akanselsai pada pertengahan Juli. "Namun di Pantura penambahan jalur tidak bisa dilakukan. Sehingga, diharapkan kepadatan di Pantura dapat terurai dengan jalan Trans Jawa," katanya.

Untuk mengatasi beban berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan pada jalan, dia meminta kerjasama Pemerintah Daerah dan Kepolisian untuk pengaturan manajemen lalu lintas. (Sumber Bisnis Indonesia 6, 11 Juli 2013)
Dapatkan penawaran terbaik paket lebaran rental mobil Medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekilas Info